Perlengkapan Umroh

Perlengkapan umrah. Dalam melaksanakan ibadah umrah tentunya kita perlu mempersiapkan perlengkapan umrah (baca juga “Persiapan Umroh“). Hal ini bertujuan supaya saat berada di tanah suci kita benar-benar sudah siap tanpa kebingungan lagi mencari- cari perlengkapan yang tidak terpikir sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan pemikiran dan perencanaan yang baik,bukan?

perlengkapan umroh

Perlengkapan umrah ini memang berbeda-beda antara perempuan, laki-laki, dan anak-anak. Dengan demikian perlengkapan seperti ini memang penting, sehingga perlu ketelitian dalam mempersiapkannya,terutama jika membawa anak yang masih balita. Dalam hal ini kita benar-benar harus detail dalam mempersiapkan perlengkapan untuk umrah, supaya menghindari ketidaknyamanan akibat anak rewel ditanah suci dan harus mencari-cari perlengkapan ditempat baru yang belum kita ketahui seluk- beluknya. tentu hal itu menjadi sangat merepotkan.

Adapun perlengkapan umrah yang diperlukan adalah :

Perlengkapan umrah untuk perempuan

  1. Baju untuk sehari-hari sekiranya cukup untuk tiga hari tidak mencuci, karena biasanya ibadah umrah selama 9 – 15 hari dan sesuaikan juga dengan jadwal yang akan dilakukan di tanah suci.
  2. Baju ihram.
  3. Baju untuk tidur 2/3 stel, yang enak dan santai untuk dipakai.
  4. Kaos kaki untuk dipakai sehari-hari, sehingga paling tidak membawa 3-4 pasang.
  5. Buku do’a dan al-qur’an kecil, jika ada do’a yang masih perlu di hafal sehingga tidak kerepotan lagi
  6. Mukena, boleh dengan bawahannya, atau sekedar atasannya saja karena bawahannya bisa langsung dengan rok dan kaos kaki yang digunakan. Selama masih menutup aurat dengan benar.
  7. Pakaian dalam diperkirakan cukup dipakai untuk 3 hari, jadi ada jeda waktu untuk memcucinya.
  8. Pentyline dan pembalut untuk persiapan jika tiba-tiba datang bulan,keputihan dan lain-lain sehingga dapat menghindari najis dan menghemat pakaian.
  9. Alat mandi : shampoo, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, sabun cuci muka, minyak wangi.
  10. Alat make up : bawa yang biasanya dipakai saja seperti pelembab, hand body ,dan bedak yang biasa dipkai untuk perlindungan karena udara di sana kering.
  11. Kaca mata dan masker, diperlukan ketika dalam perjalanan ke luar supaya terlindung dari panas sinar matahari dan juga debu.
    Obat-obatan yang biasa digunakan sehingga tidak berlebihan. Misalnya minyak angin, obat magh, vitamin, suplemen/ vitamin, obat diare,obat flu, obat pusing.
  12. Sendal dan sepatu santai yang bisa digunakan sehari-hari maupun bepergian.
  13. Jaket untuk antisipasi jika diperlukan.

Perlengkapan umrah untuk laki-laki :

  1. Sarung,2 atau 3 buah
  2. Baju ihram
  3. Buku do’a dan Al-qur’an kecil
  4. Alat mandi
  5. Alat make up : seperti pelembab dan hand body
  6. Sendal untuk sehari-hari
  7. Jaket
  8. Baju kaos untuk sehari-hari
  9. Obat-obatan yang cocok/ biasa digunakan
  10. Alat cukur
  11. Celana panjang dan baju koko
  12. Kaca mata dan masker

Penjelasan dari perlengkapan berumrah untuk laki-laki hampir sama dengan perlengkapan umrah perempuan. Untuk banyaknya dapat disesuaikan dengan jadwal yang akan dilaksanakan, sehingga barang bawaan tidak berlebihan maupun kekurangan.

Perlengkapan umrah untuk anak-anak
Perlengkapan umrah untuk anak-anak tentu hampir sama dengan orang tua atau dewasa, untuk alat mandi dan lain-lainnya. Namun untuk anak-anak justru ada tambahan-tambahan yang lain seperti : minan, susu, cemilan yang biasa disukai, botol susu, pampers, tissue dan jumlah baju relative lebih banyak karena anak-anak cenderung bajunya lebih cepat kotor. Selain itu travel bag mini juga diperlukan untuk membawa perlengkapan si kecil saat dalam perjalanan atau berkegiatan. Karena tidak menutup kemungkinan saat berkegiatan tiba-tiba si anak meminta susu atau mainannya.

Perlengkapan umrah ternyata sangat penting bukan? Oleh sebab itu persiapkanlah dengan baik. Walau agak repot pada awalnya karena harus membuat daftar barang-barang yang harus dibawa, bahkan bisa membuat kita membongkar kembali koper karena ada barang yang belum masuk, tetapi hal ini tidak sia-sia karena dengan persiapan yang baik membuat kita menjadi lebih nyaman dan tidak kerepotan lagi. Travel umroh yang bagus tentunya memberikan fasilitas yang cukup. Namun ada baiknya anda sendiri yang harus mempersiapkannya. Baca lagi : Syarat Umroh

Perlengkapan Umroh yang disediakan rabbani tour

Perlengkapan umroh yang disediakan rabbani tour
Perlengkapan umroh yang disediakan rabbani tour :

 

  • Tiket pesawat pulang dan pergi. jadi jangan takut terlantar tidak bisa pulang di Arab saudi, kami sudah pesan tiket pulang.
  • Akomodasi, transportasi di negara tujuan. Tidak perlu bayar lagi ketika di Madinah atau Mekah untuk transportasi Bus. (terkecuali jamaah berniat ziarah ke tempat tertentu di luar jadwal/itinerary).
  • Makan 3x sehari. Setelah Subuh, Dzuhur, dan Isya.
  • Bimbingan manasik hingga 5x. Maksudnya kami menyediakan jadwal manasik 2x dalam sebulan yang bisa diikuti oleh jamaah dan juga oleh umum sampai anda yakin bahwa Anda tidak akan lupa dengan tata cara umroh. Selain umroh kami juga memberi tips dan info seputar perjalanan dan destinasi.
  • visa.
  • pembimbing Ibadah (Ustadz) dan Muthowif (Tour Guide) laki-laki dan 1 muthowif wanita saat di madinah. Pembimbing yang berada di Rabbani diantaranya adalah Ust. yudi imana (pembicara acara Pagi Mengaji di MQFM tiap Ahad pukul 06.00-07.00, penemu metode Fun Tahsin). ust. Ali Moeslim, dan ust. Dadang Purnama.
  • Air zam-zam 5 Liter.
  • Kain ihrom untuk laki-laki dan mukena untuk perempuan
  • Seragam batik
  • Travel bag (tas bagasi)
  • hand Bag (tas pasport)
  • Buku panduan (doa-doa)
  • Syal
  • Sandal khusus disesuaikan untuk umroh (tidak menutupi mata kaki)
  • ID card
  • Buku Panduan “UMRAH; Menggapai Berkah di Tanah Suci”. karangan Ibu Hj. Masrura Ramidjal MBA (direktur Rabbani Tour). Buku untuk kalangan umum yang kami gratiskan untuk jamaah umroh rabbani. yang telah mendapat pengantar dari Bapak Ahmad Heryawan. ingin tahu bukunya? klik di sini.
  • Transportasi bus Bandung-Jakarta (pergi) dan jakarta-Bandung (pulang)
  • Dokumentasi (CD) perjalanan

You might also like More from author