Share :
Facebook
Twitter
WhatsApp

Daftar Isi Posting

Perbedaan Haji dan UmrohPerbedaan Haji dan Umroh: Apa yang Perlu Anda Ketahui – Haji dan umroh adalah dua jenis ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Meskipun keduanya berkaitan erat dengan perjalanan ke Tanah Suci, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara haji dan umroh agar Anda dapat memahami keduanya dengan lebih baik.

Apa itu Haji?

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu melakukannya. Ibadah haji dilakukan di kota Makkah, Saudi Arabia, pada tanggal-tanggal tertentu dalam bulan Dzulhijjah. Selama haji, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Makkah untuk melaksanakan serangkaian ritual suci yang telah ditetapkan.

Ritual haji dimulai dengan memasuki wilayah Ihram, yaitu kondisi spiritual yang membatasi perilaku dan pakaian Muslim selama berada di Tanah Suci. Kemudian, dilanjutkan dengan tawaf, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, diikuti dengan sa’i, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, haji dilanjutkan dengan wukuf di Arafah, yaitu berada di padang pasir Arafah selama satu hari pada tanggal 9 Dzulhijjah. Kemudian, haji dilanjutkan dengan mabit di Muzdalifah, yaitu bermalam di tempat terbuka antara Arafah dan Mina. Selanjutnya, haji dilanjutkan dengan melempar jumrah, yaitu melempar tiga tiang batu yang melambangkan setan di Mina. Setelah melempar jumrah, para jamaah haji melakukan qurban, yaitu menyembelih hewan untuk dipersembahkan kepada Allah SWT. Terakhir, haji ditutup dengan tahallul, yaitu melepaskan kondisi Ihram dan mencukur rambut kepala.

Apa itu Umroh?

Umroh adalah ibadah sunnah yang dilakukan oleh umat Muslim setiap saat selama tahun. Berbeda dengan haji, umroh tidak diwajibkan oleh agama Islam, namun masih sangat dihargai oleh umat Muslim. Ritual umroh terdiri dari tawaf, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali, diikuti dengan sa’i, yaitu berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Setelah selesai melakukan tawaf dan sa’i, umroh ditutup dengan tahallul, yaitu melepaskan kondisi Ihram dan mencukur rambut kepala.

Perbedaan Haji dan Umroh

Setelah mengetahui apa itu haji dan umroh, berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

1. Wajib atau Sunnah

Haji adalah ibadah wajib bagi umat Muslim yang mampu melakukannya, sedangkan umroh adalah ibadah sunnah yang tidak wajib dilakukan. Artinya, haji harus dilakukan minimal satu kali seumur hidup, sedangkan umroh tidak ada kewajiban untuk melakukannya.

2. Waktu Pelaksanaan

Perbedaan haji dan umroh adalah dalam waktu pelaksanaannya, Haji dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu dalam bulan Dzulhijjah, sementara umroh dapat dilakukan kapan saja selama tahun. Perbedaan ini membuat umroh lebih fleksibel dan dapat dilakukan dalam berbagai waktu.

3. Serangkaian Ritual

Selama haji, terdapat serangkaian ritual yang harus dilakukan, mulai dari tawaf, sa’i, hingga wukuf di Arafah. Sedangkan umroh hanya terdiri dari tawaf dan sa’i di sekitar Ka’bah. Meskipun umroh memiliki sedikit ritual dibandingkan dengan haji, namun umroh tetap dianggap sebagai ibadah yang sangat penting di dalam Islam.

4. Kondisi Ihram

Kondisi Ihram adalah kondisi spiritual yang membatasi perilaku dan pakaian Muslim selama berada di Tanah Suci. Kondisi Ihram hanya diperlukan selama pelaksanaan haji, sedangkan pada umroh, kondisi Ihram hanya diperlukan saat melakukan tawaf dan sa’i.

5. Kewajiban Qurban

Selama haji, para jamaah diwajibkan untuk melakukan qurban, sedangkan pada umroh, qurban tidak diwajibkan. Qurban adalah menyembelih hewan untuk dipersembahkan kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa haji dan umroh memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Haji merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan minimal satu kali seumur hidup, sedangkan umroh merupakan ibadah sunnah yang tidak wajib dilakukan. Haji dilakukan pada tanggal tertentu dalam bulan Dzulhijjah, sedangkan umroh dapat dilakukan kapan saja selama tahun. Selain itu, haji memiliki lebih banyak serangkaian ritual dibandingkan dengan umroh, dan kondisi Ihram hanya diperlukan selama pelaksanaan haji. Terakhir, kewajiban qurban hanya diperlukan selama haji, dan tidak diwajibkan pada umroh.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan haji atau umroh, Rabbanitour dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimilikinya, Rabbanitour siap membantu Anda dalam mewujudkan perjalanan ibadah yang sempurna. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan ke Tanah Suci, dan selamat menunaikan ibadah haji atau umroh.
Baca juga : Biaya Umroh Yang Perlu Disiapkan

kalender
UPDATE JADWAL LENGKAP UMROH
Paket umroh, umroh plus sampai UMROH AKHIR TAHUN kami sudah Tersedia di 2023 dengan harga promo seat terbatas !