Tempat Berbelanja di Mekkah

Tempat Berbelanja di MekkahMekkah yang sekarang sudah sangat berbeda dengan Mekkah pada tahun-tahun sebelumnya. Kini Masjidil Haram sedang dalam proyek perluasan. Proyek yang sudah berjalan dari tahun 2005, sudah meratakan bangunan-bangunan yang berada di sekelilingnya. Termasuk juga pasar seng, pasar yang menjadi tempat favorit Jemaah Indonesia untuk berbelanja. Saat ini pasar tersebut sudah rata tanah, lalu kemana kita akan berbelanja oleh-oleh ketika berada di Mekkah? Berikut ada beberapa Tempat Berbelanja di Mekkah yang bisa dijadikan rujukan, diantaranya:

  1. Komplek Abraj Al Bait atau Zamzam Tower
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Al-Bait Tower Complex (ABRAJ ALBAIT) atau disebut juga ZAMZAM TOWER dimana dipasangkan Jam Besar di tower atasnya, bangunan tersebut terletak tepat di depan Masjidil Haram. Zamzam Tower memiliki komplek pertokoan yang modern yang berisi gerai atau toko-toko dengan merek yang sudah terkenal di dunia. Dilengkapi juga fasilitas restoran-restoran mewah dan fast food yang sudah terkenal di dunia. Komplek pertokoan dan hotel ini memiliki luas keseluruhan 1.500.000 m2. Berbagai merek yang terkenal semuanya terdapat di komplek tersebut, seperti barang-barang souvenir, fashion, parfum, perhiasan dan banyak lagi jenis lainnya yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Mall ini didesain dengan begitu modern dan nyaman, jadi anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat berbelanja lainnya.

  1. Supermarket Bin Dawood
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Supermarket Bin Dawood ini merupakan tempat berbelanja yang sudah terkenal dan tidak pernah dilewatkan oleh para jamaah haji atau umroh juga para peziarah. Supermarket tersebut terletak di kota Madinah dan Mekkah. Seperti halnya superstore lainnya, Bin Dawood ini menyediakan pula berbagai kebutuhan untuk sehari-hari.

UMROH HEBAT [Hemat dan BersahaBAT] + CAIRO MESIR hanya 23 JUTA!!

Jika anda berkunjung ke Supermarket Bin Dawood ini maka akan anda dapati berbagai macam toko-toko seperti tempat makan, penjual elektronik, penjual baju hingga sampai ke peralatan rumah tangga semuanya tersedia di superstore tersebut. Berbagai barang dengan merek-merek terkenal tersedia disini. Anda akan merasakan hiruk-pikuk sebuah pusat perbelanjaan milik negeri padang pasir ini.

  1. Pertokoan di Sepanjang Jalan Misfalah-Bakhutmah
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Sejak ditiadakannya pasar seng, kini para pedagang memenuhi jalan Misfalah hingga Bakhutmah. Jalan ini merupakan salah satu jalur utama dari Masjidil Haram menuju ke berbagai hotel yg terletak di area tersebut. Di sepanjang trotoar area Misfalah terdapat banyak toko yang menjual aneka oleh-oleh khas Arab Saudi.

Biasanya para peziarah mengincar beberapa oleh-oleh khasnya seperti tasbih, karpet, sajadah, kurma, aroma terapi, celak mata dan tentunya pacar kuku (inai Mekkah). Tersedia juga berbagai macam souvenir seperti gantungan kunci dan gelang tasbih. Bagi anda yang berkunjung kesana, jangan terpaku pada satu toko karena semakin dekat ke Masjidil Haram maka akan semakin banyak pula toko-toko yang bisa dijumpai. Barang-barang souvenir ini biasanya dijual dari harga 2 riyal – 5 riyal, tergantung toko-toko yang menjualnya.

  1. Pasar Zakfariah
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Pasar borong atau Pasar Zakfariah ini terletak sekitar 1 km dari Masjidil Haram, Mekkah. Pasar tradisional ini menjual barang-barang keperluan ibadah, termasuk juga perhiasan emas, jam tangan dan barang-barang elektronik seperti telepon genggam. Tidak hanya Pasar atau Pertokoan, anda bisa mendatangi tempat ZIARAH KOTA MEKKAH DAN SEKITARNYA.

Jangan takut untuk tidak dapat berkomunikasi dengan para pedagang karena rata-rata para pedagang dapat menggunakan Bahasa Indonesia walaupun bicaranya dengan logat Arab. Anda dapat melakukan tawar-menawar dengan pedagang disini. Uniknya di pasar ini jika datang waktu shalat, pasar akan segera tutup. Kemudian digelar karpet di lorong-lorong pasar guna untuk melaksanakan shalat.

  1. Shopping Mall di Hilton Tower Mall
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Hilton Tower ini terletak di depan Masjidil Haram. Gedung Hilton Tower memiliki sekitar 450 gerai toko bermerek internasional juga lokal yg menjual berbagai barang fashion, souvenir, perhiasan, parfum, dan banyak jenis lainnya. Dilengkapi juga berbagai macam restoran fast food baik merek lokal maupun internasional.

  1. Mira Ajyad Mall
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Mira Ajyad Mall merupakan pusat perbelanjaan yg terletak di Gedung Mira Ajyad Hotel di Ajyad Street. Lokasi perbelanjaan ini sangat mudah dicapai, anda dapat berjalan kaki sekitar 100-200 meter dari setelah keluar pintu nomor 1 Abdul Azis kemudian ke arah kiri maka anda pun sudah sampai di pusat perbelanjaan tersebut.

  1. Mekkah Mall
Tempat Berbelanja di Mekkah
Tempat Berbelanja di Mekkah

Mekkah Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern dengan berbagai merek internasional disertai berbagai macam restoran merek lokal maupun internasional. Komplek Mekkah Mall yang begitu megah ini terletak di King Abdullah ibn Abdul Azis Road.

Umroh YUK !!! bersama RABBANITOUR – Sahabat Anda Menuju Baitullah – pilih PAKET UMROH dan dapatkan keunggulan fasilitasnya, Umroh Hemat bersama Rabbani Tour.

Selain pusat perbelanjaan berupa toko-toko yang berada dekat dengan Masjidil Haram, ada juga beberapa pasar yang bisa dijadikan tujuan untuk berbelanja oleh-oleh, namun jarak pasar ini bisa terbilang agak jauh. Untuk mencapai pasar diperlukan naik kendaraan, untuk variasi barang sudah dipastikan komplit dan harga pun lebih murah dibandingkan dari toko-toko yang dekat Masjidil Haram. Berikut beberapa pasar itu adalah:

  1. Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah terletak di kawasan antara Mekkah dan Mina. Di sekitaran kawasan ini terdapat banyak apartemen atau akomodasi bagi jamaah haji. Para jamaah haji banyak tinggal disini, sebelum nantinya tinggal di Mina untuk beberapa hari. wilayah ini selalu dipadati oleh pengunjung juga warga asli. Sangat mudah untuk menemukan pasar Aziziya ini dan juga pusat perbelanjaan lainnya. Disini terdapat berbagai macam pertokoan yang menjual fashion, parfum juga barang-barang yang beranekaragam lainnya.

  1. Pasar Ukaz

Pasar Ukaz ini terletak diantara Thaif dan Mekkah, pasar yang sudah ada dari sejak 500 SM. Di zaman Nabi Muhammad Saw, pasar Ukaz merupakan pasar yg menjual barang dagangan untuk para kafilah yg datang ke kota Mekkah. Nabi Saw pun pernah berdagang hingga ke negeri Syam dan sekaligus berdakwah.

Pasar Ukaz ini melebihi segalanya baik dalam hal kemegahan, relasi dagang, serta dikunjungi oleh suku Quraisy, Ghafatan, Hawazin, Aslam, Ahbaish, Ad dish, Adl, Al Mustaliq dan Al Haya. Di pasar ini anda bisa temukan barang-barang seperti permadani, bulu domba, tenda, perabotan, tembikar, hasil bumi, perhiasan, dan rempah-rempah. Tak hanya barang dagangan tapi juga di pasar ini sering diadakann pertunjukan baik syair maupun nyanyian. Menurut arkeolog Saudi, pasar Ukaz ini berakhir pada tahun 760 sesudah masehi.

Setelah 1300 tahun, pasar Ukaz dioperasikan dan diresmikan kembali oleh gubernur Mekkah, Pangeran Khalid al-Faisal putra Raja Faisal. Saat ini pasar Ukaz menjadi pusat expo modern dengan ciri yang khusus yaitu memakai tenda-tenda badui yg masih ada.

  1. Pasar Hafair

Pasar Hafair yang terletak di kawasan Hafair atau sekitar 15 km dari Masjidil Haram, merupakan salah satu kawasan bagi pemondokan jamaah haji Indonesia. Pasar Hafair ini tepat berada di tengah areal pemondokan. Di pasar tersebut dijual barang-barang khas Arab dan berbagai souvenir.

  1. Pasar Kaqiyah

Pasar Kaqiyah ini terkenal dengan pasar hewan ternak dan merupakan pasar terbesar di Mekkah. Pasar ini biasanya ramai dikunjungi pada bulan-bulan tertentu seperti ketika bulan Idul adha. Biasanya para pengunjung datang untuk mencari hewan yg akan dikurbankan atau untuk membayar dam. Rata-rata penjual disini tidak bisa berbahasa inggris, jadi bagi anda yang berkunjung perlu sekali menguasai Bahasa araba tau bisa membawa teman yang bisa berbahasa arab. Di pasar Kaqiyah ini anda bisa membeli dan langsung memotong hewan qurban tersebut di tempat.

Demikian paparan singkat mengenai Tempat Berbelanja di Mekkah semoga bisa menjadi referensi perjalanan anda di Mekkah.

 

 

Sumber:

Umroh, Menggapai Berkah di Tanah Suci, Masrura Ram Idjal SE, MBA, Penerbit Cendekia Visitama, Bandung, Cetakan Ketiga: Oktober 2016

You might also like More from author