Mengenal Kota Suci Mekkah – Mekkah bisa dikatakan kota yang pertama kali ada di muka bumi, karena di kota Mekkahlah manusia pertama Nabi Adam telah diturunkan dan hidup bersama Siti Hawa. Dari kedua pasangan inilah terlahirlah keturunan anak manusia berkembang, lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia. Ketika Nabi Adam tinggal disini, beliau meminta kepada Allah SWT agar diselamatkan dari segala godaan iblis yang telah mencelakakannya. Kemudia Allah SWT mengabulkan doa tersebut dan menurunkan para malaikat ke bumi, mengelilingi tempat Nabi Adam untuk menjaganya agar iblis tidak bisa mencapainya, yang kemudian tempat dimana para malaikat berjaga itu menjadi batas Tanah Haram.

Mekkah di tahun 8 H (623 M) masih ditempati atau dikunjungi oleh non muslim. Akantetapi orang-orang kafir banyak melakukan kemunafikan, maka di tahun 9 H berdasarkan firman Allah SWT telah melarang mereka untuk masuk ke Mekkah, “Hai orang-orang yg beriman sesungguhnya orang-orang Musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini!” (QS. At-Taubah: 28)

Kota Mekkah ini akan terus berkembang, namun tidak demikian Tanah Haram atau Tanah Suci Mekkah tidak akan berkembang, karena batas tersebut sudah ditentukan yaitu 7 km ke sebelah utara Masjidil Haram, 13 km ke arah selatan Masjidil Haram dan 25 km ke arah barat Masjidil Haram. Disinilah kota Suci Mekkah berada, Ka’bah yang menjadi pusat kiblat seluruh umat Islam di dunia dan disinilah Allah SWT menurunkan Nabi Adam dan mempertemukannya dengan Hawa. Kota Mekkah yang suci juga terjaga oleh para malaikatnya Allah SWT.

Mengenal Kota Suci Mekkah

Mengenal Kota Suci Mekkah

Melihat Keindahan Kota Mekkah bersama Rabbani Tour di Paket UMROH HEBAT [Hemat dan BersahaBAT] + CAIRO MESIR hanya 23 JUTA.

Mengenal Kota Suci Mekkah – Mekkah juga memiliki nama lainnya, diantaranya:

  1. Ummul Qura (Pusat Kota). Allah SWT berfirman: “Demikianlah Kami wahyukan kepadamu al-Quran dlm Bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kpd Ummul Qura (penduduk Mekkah) & penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya.” (QS. Asy Syura:7). Mekkah disebut Ummul Qura dikarenakan Mekkah merupakan kota yg paling padat kegiatannya.
  2. Al-Baladul Amin (Kota yg Aman). Allah SWT berfirman: “demi al-Balad al-Amin ini (kota Mekkah)” (QS. At-Tin:3)
  3. Ma’ad (tempat kembali). Allah SWT berfirman: “sesungguhnya, Dzat yg mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) al-Qur’an, benar-benar akan mengembalikan kamu ke tempat kembali.” (QS. Al-Qashash:85). Ahli tafsir mengatakan bahwasannya yg dimaksud dengan “tempat kembali” adalah kota Mekkah (tafsir al-Jalalain, QS. Al-Qashash:85)
  4. Al-Baitul Haram. Allah SWT berfirman: “ketika Kami memberikan tempat kpd Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan) ‘janganlah kamu memperserikatkan sesuatupun dgn Aku dan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yg tawaf.” (QS.al-Haj:26). Mufasir menjelaskan bahwasannya Baitullah adalah Mekkah.

Berwisata dan menyaksikan bukti-bukti kejayaan ISLAM di Paket WISATA MUSLIM TURKI.

Mengenal Kota Suci Mekkah – Secara Geografis

Kota Mekkah terletak sekitar 600 km dari selatannya kota Madinah dan 200 km dari timur lautnya kota Jedah. Kota Mekkah ini merupakan lembah sempit yg dikelilingi dengan gunung-gunung. Dengan ka’bah yg menjadi pusatnya. Terdapat dua gunung yg mengelilingi Mekkah yaitu Gunung Abu Qubais dan Gunung Qa’Qa’an.

Mengenal Kota Suci Mekkah

Mengenal Kota Suci Mekkah

Mengenal Kota Suci Mekkah – Keutamaan Kota

Terdapat beberapa keutamaan kota Mekkah yang dijelaskan dalam  beberapa hadits, diantaranya:

  1. Allah SWT telah memilihnya untuk tempat didirikannya Ka’bah

Allah SWT berfirman, yang artinya: “sesungguhnya, rumah yg pertama kali dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah di Bakkah (Mekah) . . .” (QS. Ali Imran: 96)

  1. Mekkah merupakan negeri yg terbaik juga dicintai Allah SWT

Nabi Muhammad SAW telah bersabda sembari menghadapkan wajahnya ke kota Mekkah ketika beliau hendak pergi berhijrah ke Madinah. “Demi Allah, sesungguhnya engkau adlh negeri yg paling baik di sisi Allah & negeri yg paling dicintai Allah. Andaikan bukan karena penduduknya yg mengusirku, aku tak akan berpindah (HR. Daruquthni)

  1. Allah SWT melindungi kota Mekkah dari serangan luar

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya, Allah melindungi Mekah dari serangan gajah, serta Dia telah jadikan Rasul-Nya & orang mukmin menguasainya …” (HR. Al-Bukhari)

  1. Dajal tidak bisa masuk Mekah.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada satupun negeri melainkan akan diinjak Dajal, kecuali kota Mekah dan kota Madinah. Tidak satupun lorong menuju kota tersebut, kecuali disana sudah terdapat para malaikat yg berbaris, menjaga kota tersebut.” (HR. Al-Bukhari)

  1. Tanah Haram.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “… Tdk boleh memburu hewan liarnya, tdk boleh mematahkan rantingnya, tdk halal mengambil barang hilang, kecuali bagi orang yg hendak mengumumkannya …” (HR. Al-Bukhari)

Berkunjung ke Masjidil Aqsa di Paket WISATA MUSLIM AQSA

Mengenal Kota Suci Mekkah

Mengenal Kota Suci Mekkah

Mengenal Kota Suci Mekkah – Secara Fikih

Ada Beberapa hukum fikih yang berkaitan dengan kota Mekah:

  1. Dibolehkan memasuki kota Mekah dlm keadaan tidak berihram, selama tidak berniat untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah. Dasarnya: Nabi Muhammad SAW ketika Fathu Mekah, beliau memasuki kota Mekkah dengan tanpa memakai pakaian ihram.
  1. Bagi orang yang akan berhaji, wajib berihram ketika akan memasuki batas tanah haram (Mekkah).
  1. Dibolehkan melakukan perjalanan jauh yg menghabiskan banyak biaya untuk berkunjung ke Masjidil Haram. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tdk boleh mengadakan perjalanan jauh dlm rangka mengunjungi tempat ibadah selain menuju 3 masjid: Masjidil Haram, Masjid Nabawi & Masjidil Aqsa.” (HR. Al-Bukhari & Abu Daud)
  1. Melakukan perbuatan maksiat di tanah haram, dosanya akan dilipatkan menjadi lebih besar daripada maksiat yg dilakukan di luar tanah haram. Allah SWT berfirman, yg artinya, “Barang siapa yg ingin melakukan penyimpangan karena kezaliman maka Kami akan siksa dia dgn siksaan yg menyakitkan.” (QS. Al-Haj:25)
  1. Pahala salat yang dilaksanakan di Masjidil Haram sama dengan 100.000 kali salat di tempat selain Masjidil Haram. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Salat di Masjid Nabawi lebih utama daripada 1000X salat di selain Masjid Nabawi, kecuali Masjidil Haram. Sementara, salat di Masjidil Haram lebih utama dibandingkan 100.000X salat di selain Masjidil Haram.” (HR. Ahmad & Ibnu Majah; dinilai sahih oleh Al-Albani)
  1. Dibolehkan untuk melaksanakan salat & tawaf di Masjidil Haram kapanpun, meskipun bertepatan dgn waktu terlarang untuk salat. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Janganlah kalian melarang seorangpun untuk melakukan tawaf & salat di Baitullah, kapan saja, baik di waktu siang maupun malam.” (HR. An-Nasa’i, At-Turmudzi & Ibnu Majah)
  1. Tidak boleh memburu binatang yg hidup di Mekkah. Barangsiapa yg memburu binatang maka wajib bagi dia untuk membayar denda gantinya. Allah SWT berfirman, yg artinya, “Wahai orang-orang yg beriman, janganlah km membunuh binatang buruan, ketika km sedang berihram. Barang siapa di antara km membunuhnya dgn sengaja, maka dendanya ialah mengganti dgn binatang ternak yg seimbang dgn buruan yg dibunuhnya.” (QS. Al-Maidah:95)

Demikian paparan mengenai Mengenal Kota Suci Mekkah semoga bermanfaat. Rabbani Tour – Sahabat Anda Menuju Baitullah.



Shares