Manfaat dan khasiat Kacang Arab

Siapa yang tidak mengenal kacang Arab? Kacang Arab atau dengan nama lainnya adalah Kacang Garbanzo merupakan kacang yang menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di arab, ketika seseorang pulang dari menjalankan ibadah umroh ataupun haji. Seperti kacang-kacangan pada umum nya, kacang arab memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa di masukkan kedalam menu makanan sehat sehari-hari.

Manfaat dan khasiat Kacang Arab
Manfaat dan khasiat Kacang Arab

Selain enak di makan juga pengolahan kacang arab juga tergolong sangat mudah. Cukup dengan merendam kacang terlebih dahulu di kamar air selama satu jam, lalu rebus dengan di tambah kan sedikit nya garam. Jangan mengkonsumsi nya dengan cara di goring. Karena akan merusak kandungan nutrisi nya. Kacang arab juga memiliki kandungan nutrisi yang baik dan bisa di masukan dalam menu makanan sehat sehari-hari. Di dalam 100 gram kacang arab, menyimpan nilai gizi banyak gizi nya diantara nya seperti :

  • Energi : 330 kkal
  • Protein : 23,8 gr
  • Karbohidrat : 60,2 gr
  • Lemak : 1,4 gr
  • kalsium : 57 mg
  • Fosfor : 388 mg
  • Zat besi : 5 mg
  • Vitamin A : 140 IU
  • Vitamin B1 : 0,2777 mg
  • Vitamin C : 2 mg

Ciri Khas Kacang Arab

Dalam dunia ilmu pengetahuan, tanaman ini di kenal dengan nama Cicerarietinum, ia merupakan salah satu tanaman paling kuno yang di budidaya kan sejak ratusan abad yang lalu. Kabar nya kacang arab ini sudah berusia 7.500 tahun! Kacang arab ini punya banyak nama, salah satu yang juga populer adalah Pistachio, Garbanzo atau Fustuk. Kacang ini terbagi ke dalam dua jenis yakni kacang desi dengan ukuran yang lebih kecil , berwarna agak gelap, dengan tekstur kulit kasar dan banyak di tanam di India, Meksiko juga Iran. Smenetara jenis kacang arab yang kedua adalah kabuli. Ia berwarna lebih terang, ukuran lebih besar serta tekstur kulit yang halus. Kacang arab jenis yang satu ini juga di temukan di Eropa utama nya bagian selatan, Afrika utara, Chili, Afghanistan dan masih banyak lagi lain nya. (baca juga : khasiat memakan 7 butir kurma nazwa)

Manfaat dan khasiat Kacang Arab
Manfaat dan khasiat Kacang Arab

Kacang ini mempunyai banyak sekali manfaat nya, Manfaat  kacang Garbanzo ini sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis kacang ini. Adaun nutrisi yang terdapat dalam 100 gram kacang garbanzo antara lain :

  1. Membantu mengontrol berat badan Kedua jenis serat dikandung oleh kacang ini, serat larut dan tak larut. Serat larut ikut menunjang kesehatan empedu, sedangkan serat tak larut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi kacang arab dapat menyebabkan kenyang lebih lama, sehingga mencegah kegemukan.
  2. Menyehatkan Jantung, Mungkin anda berfikir bahwa semua jenis kacang mengandung kolesterol jahat. Faktanya, kacang arab memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau biasa disebut LDL. Jika kadar kolesterol dalam tubuh mengalami kenaikan, dapat memicu serangan jantung dan stroke. Jadi, kacang arab termasuk makanan sehat yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kacang ini juga kaya akan magnesium dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mengingatkan sirkulasi darah.
  3. Menjaga kadar gula darah Serat larut yang ada di dalamnya mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kacang arab memiliki indeks glikemik rendah, karbohidrat yang dikandungnya sangat mudah dicerna oleh tubuh. Bagi penderita diabetes, makanan ini aman untuk dikonsumsi.
  4. Baik Untuk masa kehamilan dan anak di usia pertumbuhan Hal ini disebabkan zat besi yang terkandung di dalamnya merupakan suplemen alami yang sangat diperlukan di masa kehamilan, menstruasi, ataupun menyusui. Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh anak di masa pertumbuhan. Zat penting ini juga berperan dalam meningkatkan sistem metabolisme, yang menjadi syarat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.
  5. Mencegah kanker dan osteoporosis Kacang arab mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, sehingga memperkecil risiko tulang keropos, kanker payudara, dan menopause dini.
  6. Sumber protein nabati dan Bebas kalori Kesulitan memperoleh asupan protein biasanya dialami oleh vegetarian dan vegan. Solusi bagi mereka adalah konsumsi kacang arab, karena mengandung protein yang baik tanpa ketakutan penambahan kalori dan lemak tak jenuh. Makanan ini dapat menjadi alternatif selain gandum.
  7. Menjaga Energi tubuh Kacang arab mengandung mangan, mineral yang mampu meningkatkan energi dan imunitas tubuh anda. Fakta yang menarik adalah dengan konsumsi secangkir kacang arab sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, akan membuat anda energik selama seminggu. Konsumsi kacang arab dengan cara menggorengnya, dapat merusak nutrisi yang dikandungnya. Jika anda ingin memakannya sebagai cemilan, cara yang baik adalah dengan merebusnya ke dalam air yang telah ditambahkan sedikit garam.
  8. Tinggi akan Serat, serat yang terdapat pada kacang arab sekitar 6%. Pada kacang arab, terdapat kandungan berupa serat yang larut dan juga serat yang tidak larut. Dimana di ketahui bahwa serat larut pada kacang berfungsi untuk membantu dan mengontrol kesehatan pada empedu dan untuk meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan.
  9. Menurunkan berat badan, kacang arab juga mengandung serat larut dan tidaklarut. Kandungan serat pada kacang arab membantu dan menjaga kesehatan empedu, konsistensi tinja yang juga sangat efektif dalam menurunkan berat badan secara sehat. Dengan mengkonsumsi kacang arab ini akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan.
  10. Kaya akan kandungan mangan, Mineral yang terkandung di dalam kacang arab ini membantu produksi energi dan meningkat kan sistem kekebalan dalam tubuh. Mengkonsumsi kacang arab secara teratur 2 sampai dengan 3 kali dalam seminggu juga cukup menjaga energi pada tubuh, untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  11. Mencegah terjadinya konstipasi atau Sembelit, manfaat dari kacang garbanzo ini salah satu nya yaitu untuk mencegah terjadinya Kostipasi atau sembelit. Permasalahan ini banyak sekali di alami baik pria maupun wanita yang mengalami nya. Apalagi jika wanita yang sedang hamil, pastinya akan mengalami masalah konstipasi. Terjadinya masalah kesehatan ini karena tubuh kekurangan serat. Dengan mengkonsumsi kacang garbanzo, makan Anda dapat terhindar dari Konstipasi.
  12. Menurunkan kadar kolestrol, Manfaat kacang garbanzo lainnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Kacang garbanzo akan membuat kolesterol Anda menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena kandungan zat yang terdapat di kacang ini yang akan menghancurkan kolesterol di dalam darah dengan cepat. Dengan berbagai manfaat kacang garbanzo, maka dapat disimpulkan bahwa kacang garbanzo sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat dalam kacang ini merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ternyata banyak sekali manfaat pada kacang arab ini, jadi jika anda berangkat umroh kemudian membeli salah satu oleh-oleh yang menjadi ciri khas di arab ketika para Jemaah Umroh dan Haji akan pulang, jangan lupa membeli kacang arab yang kaya akan manfaat nya.

You might also like More from author