Kemegahan Desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)

Jika anda berkesempatan mengunjungi Cairo, jangan sampai kelewatan untuk berkunjung ke salah satu masjid yang menjadi Landmark kota mesir ini, yaitu Masjid (Muhammad Ali Pasha). Dengan sejarah mesir yang sederhana, dengan segudang cerita nya mampu menarik ber juta-juta wisatawan asing dari berbagai penjuru dunia. Bukan tanpa alasan jika kota mesir di katakana sebagai salah satu kota terunik di sunia, karena memiliki nilai sejarah yang terukir di kota ini.

Kemegahan desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)
Kemegahan desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)

Walaupun kota ini tidak lah tidak sebersih di Negara-negara lain di Eropa, namun memiliki bangunan peninggalan sejak ratusan tahun, bahkan mencapai ribuan tahun yang lalu dan masih sangat terawat sampai sekarang di negeri ini. Masjid yang seumuran dengan zaman Majapahit di Indonesia ini keadannya masih kokoh berdiri & terlihat sangat megah dan mewah. Tidak salah jika Cairo di juluki sebagai Kota Seribu Menara. Di kota ini memang bertabur kan menara-menara masjid yang indah dan mewah dari berbagai era kekuasaan yang silih berganti untuk menguasai Mesir.

Sejarah Mesjid Muhammad Ali Pasha

Masjid ini sengaja di bangun oleh Muhammad Ali Pasha pada tahun 1830 sampai dengan 1848, untuk mengenang Tusun Pasham yaitu putra tertua nya yang meninggal pada tahun 1816, untuk membangun masjid tersebut, beliau mengundang sejumlah insinyur dari prancis dan Italia untuk merancang masjid ini. Diantara ide cemerlang yang di temukan ini para insinyur yg mendirikan Masjid Muhammad Ali Pasha adalah pemilihan lokasi yg sangat unik, yakni di puncak Benteng Shalahuddin Al-Ayyubi yg berada di pinggir kota Cairo. Dengan di pilih nya lokasi tersebut, panorama di sekitar benteng tersebut juga menajdi benar-benar berubah. Dengan Rekontruksi Masjid Muhammad Ali Pasha di mulai pada tahun 1830/ sekitar 7 abad berdiri nya Citadel dan selesai pada tahun 1848.

Kemegahan desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)
Kemegahan desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)

Untuk jasad Muhammad Ali Pasha sendiri akhir nya di makam kan di masjid ini. Muhammad Ali Pasha Wafat di Istana Ras El-Tin Palace di Alexandria yaitu pada tanggal 2 Agustus 1849 & di makamkan di pemakaman Host Al-Basha. Merupakan raja Abbas I yg tidak lain adalah cucu dari Muhammad Ali Pasha, yaitu Putra dari Tusun Pasha yg kemudian memindahkan makam Muhammad Ali Pasha ke halaman masjid ini pada tahun 1857.

Desain Masjid Muhammad Ali Pasha

Masjid Muhammad Ali Pasha secara umum di bangun dengan meniru gaya masjid dinasti Usmaniyah, dengan bangunan dengan 2 buah menara yang tinggi yg ramping dan runcing seperti sebuah pinsil, dgn mengapit kuba utama & sejumlah kubah kecil di sekitar nya. Tinggi kedua menara ini mencapai 83 Meter. Sementara itu untuk bagian kubah nya di buat mewah dan tinggi mirip dengan Masjid aya Sofia di Istanbul, Turki.

Kemegahan desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)
Kemegahan desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo)

Bangunan utama nya dari 2 bagian. Pada luar terdapat tempat berwudhu yang letak nya tepat di tengah-tengah halaman masjid & sebuah menara jam yg merupakan hadiah dari Raja Prancis, Louis Philippe I, pada tahun 1846. Konon, sebagai hadiah balasan, Raja Muhammad Ali Pasha memberikan obelisk Ramses II dari Kuil Luxor yang terdapat di pintu masuk. Saat ini, obelisk Ramses II tersebut masih bisa di lihat di Place de la Concorde, Paris, Prancis.

Ruang shalat yang berada di bawah kubah yg terdiri atas 1 kubah utama yg berada di tengah & 4 kubah berukuran menengah (sedang). Serta bagian langit-langit puncak kubah dan di hiasi dengan ukiran geometris dgn 4 pojok yg terukir kaligrafi 4 nama khulafaur Rasyidin. Dinding ruabf sholat di hiasi dengan kaca patri berwarna-warni & pilar-pilar pualam yg tdk membuat ruangan masjid trsb tidk merasa sempit. Sistem pencahayaan masjid ini disinari oleh lampu-lampu gantung yang raksaksa dan di beri dan bola-bola Kristal, ruangan sholat ini memberikan kesan gaya Baroque, suatu gaya arstitektur yg tumbuh setelah masa Renaisans yg begitu sarat dgn dekorasi & ornament yg mewah.

Demikian pembahasan kali ini tentang Kemegahan Desain Masjid Muhammad Ali Pasha (Cairo). Jika anda berkeinginan mengunjungi tempat tersebut Travel Umroh Bandung Rabbani tour senan tiasa bersedia mengantarkan anda dalam program Umroh Plus Mesir Desember 2017 ada juga Wisata Muslim Rabbani Tour dengan pilihan, Paket Tour Al Aqsa, dan ada juga pilihan paket umroh, Umroh Plus, Umroh Plus Turki Januari, Umroh Plus Aqsa Petra, Umroh Plus Dubai Abu Dhabi & Umroh Promo 23 Juta Rabbani Tour.

You might also like More from author