5 Objek Wisata Yordania yang Wajib Dikunjungi Anda

5 Objek Wisata Yordania yang Wajib Dikunjungi – YORDANIA merupakan sebuah negara yang terletak di wilayah Timur Tengah, berbatasan dengan Suriah di sebelah utaranya, Arab Saudi di sebelah timur dan selatan, di timur lautnya ada Irak, tepi barat berbatasan dengan Israel.

Ternyata Yordania ini menyimpan banyak tempat-tempat yang indah dan menjadi destinasi wisata yang sering diburu oleh para wisatawan dunia. Nah berikut 5 objek wisata yang wajib dikunjungi di Yordania.

  1. The Dead Sea

Meskipun terlihat seram namanya namun danau ini tidak seseram seperti namanya. Ya itu dia The Dead Sea yang biasa dikenal dengan bahasa kita yaitu “laut mati”. Laut mati ini merupakan sebuah Danau asin (bukan laut ya! Karena letak laut mati ini berada di daratan), istilah laut tersebut dipakai karena luasnya yang mencapai 76 Km panjangnya dengan lebar 16 Km, jadi dapat dibayangkan bahwa danau tersebut begitu luas (namun danau ini sekarang telah mengalami penyempitan juga pengurangan debit air, dikarenakan penguapan yang berlebihan juga mengurangnya pasokan air dari Sungai Jordan).

Jelajah Wisata Yordania - Laut Mati
Jelajah Wisata Yordania – Laut Mati

Laut Mati ini berada di posisi 420 meter di bawah permukaan laut, merupakan daerah terendah di permukaan bumi (sedangkan untuk titik terdalam di bumi sendiri dipegang oleh palung mariana). Laut mati ini lokasinya berada diantara wilayah Jordania dan Israel.

Kadar garam yang berada di Laut Mati ini membuat kita dapat mengapung di airnya tanpa susah payah berenang, bahkan bisa sambil membaca buku sekalipun! Ternyata kadar garam di laut mati ini mencapai 31.5 % (berarti kadarnya 9x lipat dari kadar garam laut normal biasanya yaitu sekitar 3,5 %. Dengan kadar salinitasnya tersebut maka dipastikan semua benda dapat mengapung diatasnya.

  1. Gua Ashabul Kahfi

Gua Ashabul Kahfi ini merupakan tempat 7 pemuda dengan seekor anjing yang mendapatkan petunjuk dan beriman kepada Allah kemudian tertidur lelap selama 309 tahun lamanya. Mereka melarikan diri dari kedzaliman raja Dikyanus (QS. Al-Kahfi). lokasi gua tersebut terletak di Yordania yaitu di perkampungan Al-Rajib atau dalam Al-Quran disebutkan Al-Raqim, yang jaraknya 1.5 km dari kota Abu A’landa dekat dengan kota Amman, Yordania.

Jelajah Wisata Yordania - Gua Ashabul Kahfi
Jelajah Wisata Yordania – Gua Ashabul Kahfi

Menurut info terakhir yang didapatkan bahwa Raja Abdullah ke-2 (Raja Yordania) telah meresmikan untuk mendirikan Masjid dan Ma’had yang lokasinya berada di muka gua Ashhabul Kahfi, masjid tersebut diberi nama “Masjid Gua Ahlul Kahfi” dan “Ma’had Da’wah dan Dai’”.

info Wisata Yordani bisa langsung ke Call Center kami di 0822-8000-1799

  1. Petra
Petra, Kota Tua yang menjadi salah satu wisata Yordania
Petra, Kota Tua yang menjadi salah satu wisata Yordania

Petra dalam bahasa yunani adalah batu ini merupakan sebuah situs arkeologikal yang berada di wilayah Yordania, letaknya di dataran rendah di antara gunung-gunung yg membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yg berawal dari Laut Mati hingga Teluk Aqaba. Petra adalah sebuah kota yang didirikan dengan cara memahat dinding-dinding batu di Yordania. Kota Tua Petra ini termasuk ke dalam salah satu destinasi dalam paket Jelajah Jordan dan Aqsha yang ada di Rabbanitour.

  1. Roman Theater

Roman Theater ini merupakan tempat pertunjukan yang dibuat pada masa kekaisaran Marcus Aurelius (sekitar tahun 169-177 M). Teater dengan ukuran begitu besar dan curam ini dapat menampung 6000 penonton. Dibangun di bagian lereng.

Roman Teater
Roman Teater

Teater tersebut dibagi menjadi 3 daerah horizontal (diazomata). Daerah pintu masuk (paradoi) yang terletak pada lantai dasar. Ada yang menuju ke orkestra dan yang lainnya untuk ke panggung. Bagian tertinggi kursi di teater itu disebut “The God”. Meskipun letaknya jauh dari panggung namun para aktor dapat terdengar jelas, karena kecuraman gua.

  1. Hercules Temple
Wisata Yordania - Hercules Gate
Wisata Yordania – Hercules Gate

Kuil yang terletak di Citadel-Amman ini dibangun antara tahun 162-166 M. Kuil ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kuil-kuil Romawi lainnya. Bangunan yang menghadap ke arah timur ini dapat terlihat dari sudut timur laut. Kuil Hercules ini ditopang oleh pilar-pilar yang tingginya sekitar 33 kaki.

Jelajah Jordan dan Aqsha - Wisata Yordania
Jelajah Jordan dan Aqsha – Wisata Yordania

Yup, itulah 5 Objek Wisata Yordania yang Wajib Dikunjungi ketika liburan anda dengan keluarga. Dapatkan info detail Jelajah Jordan dan Aqsha di call center kami 0822-8000-1799. Rabbanitour – Sahabat Anda Menjelahi Dunia.

You might also like More from author